Bagaimana Sistem Informasi Dalam Perusahaan

Nama: Muhammad Yugaf Haykal
NIM: 1301164242
Kelas: IF-40-07

Contoh management process, sistem informasi dlam perusahaan, tipe sistem utama dalam bisnis, fungsi bisnis pada perusahaan

A. IT mendukung Control Management Process
IT Process Management / Manajemen proses IT adalah cara untuk meningkatkan proses Teknologi Informasi (TI) dengan mengurangi biaya operasional sekaligus meningkatkan kualitas layanan dan nilai bagi organisasi. Perbaikan proses biasanya menghasilkan penghematan jangka panjang daripada jangka pendek, namun biasanya penghematan berkelanjutan, dengan asumsi bahwa proses terus beroperasi di negara yang lebih baik.

Secara umum ada 4 faktor yang akan mempengaruhi IT Process Management yaitu :

1. Area of waste

Area of waste adalah kesalahan – kesalahan yang terjadi di dalam proses bisnis yang akan menyebabkan kerugian secara materi (bertambahnya biaya) dan non materi (waktu). Secara umum ada 7 kategori yang termasuk area of waste seperti : Overproduction, Inventory, Waiting, Motion, Transportation, Rework dan Overprocessing.
2. Process Framework

Process Framework adalah kerangka kerja yang berfungsi untuk membentuk pondasi sebuah software process dengan mengidentifikasi beberapa aktivitas framework yang dapat dipakai untuk untuk semua projek software tanpa memperhatikan ukuran atau kerumitan mereka.
Beberapa Framework yang sering digunakan adalah :
  • Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
  • Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
  • International Organization for Standardization (ISO)
  • Capability Maturity Model Integration (CMMI) Sarbanes-Oxley (SoX)
  • Committee of Sponsoring Organization of the Treadway Commision (COSO)
3. Just Enough Process

Just Enough Process adalah istilah yang digunakan pada saat menerapkan proses yang
cukup sehingga menghasilkan efisiensi biaya yang maksimal.
4. IT Process Model Example

Menerapkan proses IT yang lebih baik adalah tugas yang luar biasa, menyita waktu, dan mahal bagi sebuah organisasi, namun hal itu menghasilkan penghematan biaya jangka panjang yang berkelanjutan.





B. Sistem informasi dalam Perusahaan



Sistem adalah sebuah sarana yang bisa menjadi acuan untuk mengelola kinerja tertentu. Dalam kaitannya dengan hal ini sistem yang di maksud adalah kondisi bagaimana perusahaan bisa berjalan dengan baik. Selanjutnya adalah informasi, pada perusahan sangat penting sekali. Sebuah informasi merupakan bagian yang juga penting pada sebuah perusahaan, dengan adanya informasi, perusahaan akan lebih cepat berkembang dan maju karena adanya perbaikan kinerja seiring berkembangnya informasi.

Sistem Informasi pada sebuah perusahaan bagian yang tidak boleh diabaikan. Kesadaran atas pentingnya manajemen merupakan hal mendorong majunya perusahaan. Semakin maju perusahaan berarti semakin maju pula sistem informasi pada perusahaan tersebut. Bagi perusahaan yang belum sadar akan hal ini, sungguh akan membuat perusahaan tersebut sangat menunjukkan akan ketertinggalannya atas upaya pengelolaan perusahaan yang lebih baik. Apapun itu jenis informasi yang di berikan, penggunaan sistem informasi adalah mutlak dan penting adanya. Semua bidang bisnis, usaha system informasi adalah dasar penting yang seharusnya tidak boleh diabaikan.
  1. Mendorong perusahaan untuk sadar bahwa data informasi perusahaan dapat dikelola dengan lebih baik.
  2. Menghindari kesalahan fatal akibat kelalaian sumber daya manusia, meskipun dengan sebuah sistem informasi tetap harus menggunakan paling tidaknya tidak sebanyak kegiatan manual.
  3. Kemudahan manajemen perusahaan baik dari segi waktu, kemudahan dan keefektifan.
  4. Perusahaan akan lebih peka dengan adanya kekeliruan, dan kelengkapan informasi data pada perjalanan bisnis perusahaan. Sehingga dengan latar belakang tersebut segala upaya perbaikan dan evaluasi bisa cepat segera dilakukan.
  5. Mengendalikan kinerja bisnis supaya lebih cepat dengan pendayagunaan waktu yang efektif dan maksimal.
  6. Sistem informasi yang dirancang untuk membantu pencapaian sasaran startegis perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing di pasar.
  7. Mulai dari akuntansi sampai dengan penelusuran pesanan pelanggan, sistem informasi menyediakan dukungan bagi manajemen dalam operasi kegiatan bisnis sehari-hari. Ketkka tanggapan atau respon yang cepat menjadi penting, maka kemampuan sistem informasi untuk dapat mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi ke berbagai fingsi bisnis menjadi kritis atau penting.
Beberapa faktor diatas merupakan faktor yang jika diterapkannya sistem informasi pada di sebuah perusahaan akan memiliki efek dan manfaat masing-masing. Jika dalam perusahaan tersebut pemanfaatan informasi sangat penting, maka sistem informasi ini sangat sesuai dengan manfaat yang ditimbulkan pada perusahaan tersebut. Kesadaran akan hal inilah mengapa perusahaan maju lebih konsen kepada perkembangan perusahaan bisnis perusahaan dari segala hal, termasuk penerapan sistem informasi pada sebuah perusahaan yang berguna untuk menunjang kinerja perusahaan yang lebih baik.

Mengapa Sistem Informasi Sangat Penting untuk Perusahaan
 
Apakah penting sistem informasi bagi sebuah perusahaan atau usaha Anda ? Dan kenapa harus memiliki sistem informasi ?. Pengelolaan data informasi menjadi tolak ukur perusahaan untuk evaluasi dalam kurun waktu jangka yang ditentukan, tanpa sebuah sistem informasi maka data perusahaan tidak akan tercatat dengan benar dan cepat.

Maka dari itu, tujuan dari sistem informasi secara umum adalah sebagai dasar agar perusahaan mengerti dan mengetahui sampai manakah kemajuan sebuh perusahaan mampu berjalan dalam bidang bisnisnya.

Berikut ini poin-poin utama mengapa sistem informasi harus ada dan wajib ada dalam sebuah perusahaan :
  1. Mendorong perusahaan untuk sadar bahwa data informasi perusahaan dapat dikelola dengan lebih baik.
  2. Menghindari kesalahan fatal akibat kelalaian sumber daya manusia, meskipun dengan sebuah sistem informasi tetap harus menggunakan paling tidaknya tidak sebanyak kegiatan manual.
  3. Kemudahan manajemen perusahaan baik dari segi waktu, kemudahan dan keefektifan.
  4. Perusahaan akan lebih peka dengan adanya kekeliruan, dan kelengkapan informasi data pada perjalanan bisnis perusahaan. Sehingga dengan latar belakang tersebut segala upaya perbaikan dan evaluasi bisa cepat segera dilakukan.
  5. Mengendalikan kinerja bisnis supaya lebih cepat dengan pendayagunaan waktu yang efektif dan maksimal.

Beberapa poin diatas jika diterapkannya sistem informasi pada sebuah perusahaan akan memiliki efek dan manfaat baik untuk perusahaan. Jika dalam perusahaan tersebut pemanfaatan informasi sangat penting, maka sistem informasi ini sangat sesuai dengan manfaat yang ditimbulkan pada perusahaan tersebut. Kesadaran akan hal inilah mengapa perusahaan maju lebih konsen kepada perkembangan perusahaan bisnis perusahaan dari segala hal, termasuk penerapan sistem informasi pada sebuah perusahaan yang berguna untuk menunjang kinerja perusahaan yang lebih baik.

C. Tipe sistem utama dalam bisnis

1. Transaction Processing Systems (TPS) 
Transaction Processing Systems (TPS) berfungsi untuk mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan. TPS menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh sistem informasi. Book order juga termasuk TPS, karena di dalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujuan, dan form lainnya.
 
2. Process Control Systems (PCS) 
Process Control Systems (PCS) merupakan karakteristik dari sistem informasi yang menjaga proses kegiatan bisnis. Kegiatan bisnis yang berjalan harus seusai prosedur dan harus disesuaikan dengan langkah-langkah yang telah ditetapkan dari awal prosedur.
 
3. Enterprise Collaboration System (ECS) 
Enterprise Collaboration System (ECS) adalah sistem informasi lintas fungsional untuk meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi diantara anggota dari operasi bisnis. Sistem ini juga digunakan untuk keperluan koordi

D. Fungsi bisnis pada perusahaan
    Fungsi utama bisnis yaitu untuk menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara  yakni :
Untuk mengubah bentuk bisnis(form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
Untuk memindahkan bentuk (place utility), atau fungsi dari distribusi
Bisnis bisa mengubah pemilikan (possessive utility), yakni fungsi penjualan
Bisnis mempunyai fungsi untuk menunda waktu kegunaan. (time utility), atau fungsi pemasaran

Comments

Popular Posts